Pj Geuchik Pusong Baru Datangi Baitul Mal

Lhokseumawe, Baitul Mal Kota Lhokseumawe – Aparatur Desa Pusong Baru, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (12/9/2024), berkunjung ke Kantor Baitul Mal Lhokseumawe. Tujuan kunjungan Pj Geuchik Saifuddin bersama Ketua Tuha Peut Yudiananda untuk pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) Pusong Baru.

Di depan pengurus BMK, Yudi menjelaskan, kunjungannya ke lembaga pengelola zakat dalam rangka mengintensifkan lembaga Baitul Mal Gampong Pusong Baru Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe. Tuha Peut Gampong beserta jajarannya bersilaturrahmi sekaligus audiensi dengan Baitul Mal Kota Lhokseumawe.

Dia menyampaikan maksud kedatangannya dalam mencari informasi pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG).  ”Kedatangan kami ingin bersilaturrahmi sekaligus mencari informasi terhadap pembentukan Baitul Mal Gampong Pusong Baru, sehingga pengumpulan uang zakat dan sebagainya dapat tersalurkan dengan terstrukstur”. Yudiananda melanjutkan, “Sebelumnya saat pengumpulan uang anak yatim, zakat dan sebagainya, kami membentuk panitia sendiri, jadi tidak terstrukstur”.

Anggota BMK Lhokseumawe Tgk. M. Saleh menyambut baik kedatangan tim dari Pusong Baru.

Penjelasan lebih rinci disampaikan oleh Kasubbag Pengembangan Informasi dan Teknologi, Badiuzzaman. Ia menyatakan bahwa pemebentukan Baitul Mal Gampong dapat dikukuhkan melalui penekenan SK (surat keputusan) oleh Geuchik yang nantinya akan di berikan kepada Baitul Mal Kota Lhokseumawe (BMK) untuk peresmian.

Badiuzzaman menyarankan lebih jelas pembentukan struktur Baitul Mal Gampong yang terdiri dari ketua Baitul Mal yang dapat di pegang oleh Teuku Imum, lalu sekretaris, unit penghimpunan dana, unit penyaluran dana, serta perwalian dan wakaf yang dapat dipegang oleh perangkat gampong lainnya melalui kesepakatan bersama.

“Nantinya setelah peresmian BMG, dana yang terkumpul dapat di data dan di laporkan ke BMK, karena BMG sudah resmi menjadi bagian dari BMK,” katanya.

Yudiananda juga berharap BMK dapat membantu dalam peresmian BMG nantinya, ”Harapan kami, BMK dapat membantu memberikan sedikit bimbingan teknis, jadi kami akan mempersiapkan pelantikan dan meresmikan BMG segera”, ungkapnya.